Antara X1 & GLA

Semakin bertambahnya usia, selera terhadap jenis mobil paporit pun berubah, makin kemari jadi makin seneng sama mobil yang punya ground clearance cukup tinggi, tongkrongan gagah dan harganya mahal 😀  Kalo dulu masih seneng sama pabrikan mobil yang bermarkas di Jepang, makin kemari jadi makin suka sama pabrikan mobil Eropa, utamanya Jerman. Mungkin terinspirasi sama quote candaan ini..

“HEAVEN is when you have: AMERICAN salary, GERMAN car, CHINESE food, and INDONESIAN wife. HELL is when you have: AMERICAN wife, GERMAN food, CHINESE car, and INDONESIAN salary” 😀

Dari mobil pabrikan Jerman tersebut, lebih spesifik lagi jadi makin suka sama pabrikan mobil premium yang bermarkas di Munich dan Stuttgart. Iyes..Bimmer dan Mercy, alias BMW dan Mercedes-Benz.

Dari mobil-mobil yang dikeluarin sama duo Jerman itu, tipe SUV adalah yang jadi paling paporit, i.e. X series-nya BMW dan GL class-nya Mercy. To be exact, BMW X1 dan Mercy GLA, lebih karena kedua tipe tersebut merupakan SUV paling compact, dan karena mereka berdua adalah yang termurah alias kelas entry level dibanding SUV lainnya.

X1 dan GLA ini udah sering dibandingin sama reviewer mobil baik didalam maupun diluar negeri, biasanya dibandingin juga sama Audi Q3. Karena mereka bertiga notabene memang berada di kelas yang sama. Nah..kembali lagi ke X1 dan GLA, sejak kemunculan mereka pertama kali, duet ini udah kerap mengganggu konsentrasi, pikiran dan hati.

BMW X1_1

Okeh, kita cuplik X1 lebih dulu. X1 ini adalah adik bungsu dari X-series nya BMW, dia udah punya kakak-kakak yang lebih matang dan mahal macam X3, X4, X5 dan X6. Kalo diluar sana, X1 ini udah punya kakak yang baru lagi, namanya X2, burung mengabarkan katanya X2 ini bakal diluncurkan di Indonesia oleh BMW di tahun 2018 ini. Di Indonesia X1 ini sudah masuk generasi ke-2, dan cuman dijual 1 varian aja, yaitu X1 sDrive18i xLine yang bermesin 1500cc dengan harga saat ini 771 juta-an (OTR Jakarta).

GLA_1

Nah, ngomongin GLA, varian ini juga bungsu dari varian-varian GL yang lain seperti, GLC, GLE dan GLS. Dan si GLA ini sebenernya punya tampilan eksterior yang lebih keren dan sporty dibanding X1, walaupun sepertinya interiornya ga selega dan sepraktis X1. GLA ini punya 2 varian yang dijual di Indonesia, yaitu GLA 200 AMG line dan AMG GLA 45, harga termurahnya saat ini adalah 770 juta-an off the road Jakarta. Jadi kalo udah pake pajak dan lain-lain jatohnya lebih mahal dibanding X1. GLA 200 ini punya mesin 1600cc dengan penggerak roda depan dan punya dimensi yang lebih kecil dibanding X1 dari sisi panjang lebar dan tingginya.

Kalo mau tau lebih detail mengenai X1 dan GLA ini, sudah banyak kok review-nya di Youtube, termasuk pros and cons-nya. Jadi mau pilih yang mana? Saya sendiri sudah menentukan pilihan. Dan pilihan ini murni merupakan pilihan saya tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Untuk berkendara sehari-hari, saat ini pilihan saya jatuh kepada Honda Supra X tahun 2007 😀

Salam!

Image Credits:

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s