Grand Livina diantara Avanza dan Innova

glivina-inside.jpg

Pengen nulis tentang MPV Nissan yang baru-baru ini diluncurkan di Indonesia, Nissan Grand Livina. Katanya sih Livina bakal menggoyahkan pasar Toyota (baca: Innova dan Avanza).

Harga Grand Livina memang ada diantara Avanza dan Innova, kayaknya sih emang ditujukan buat jadi pesaing kedua MPV Toyota yang udah memasyarakat itu, tapi ada juga yang bilang kalo Livina bakal menciptakan kelas tersendiri. Kita liat deh apa Grand Livina mampu bikin Avanza ga laku atau malah Grand Livina yang ga laku, hehe.. :D

Bicara model, kayaknya Grand Livina lebih mirip ke Honda Stream, soalnya lebih pipih kalo dibandingkan Avanza, dan lebih kurus kalo dibandingkan Innova.

Bicara mesin, Grand Livina mengusung 2 varian mesin, 1500 dan 1800 cc. Berarti lagi-lagi ada diantara Avanza dan Innova.

Soal harga, Grand Livina termurah yang sekitar 140 jt-an juga berada diantara Avanza dan Innova.

After sales Nissan memang ga sebanyak Toyota, tapi sekarang bengkel Nissan juga udah banyak kok. Citra Nissan juga lumayan terangkat dengan keberhasilan penjualan Xtrail dan Terrano.

Jadi kita amati bersama, apakah Grand Livina baru ini memang mampu mendobrak kemapanan Avanza dan Innova?? Denger2 sih kalo pesen sekarang indent-nya sampe maret 2008, hehehe…. met antri deh ;)

Foto: star-motoring.com

About these ads

43 thoughts on “Grand Livina diantara Avanza dan Innova

  1. Akhirya tetep ngambil Avanza, Mas..hehehe. Kalo Livina kelamaan inden, lagian belum tau keluhan orang tentang Livina, ditambah fitur yang kurang sip. Jadi dipikir2 mending ambil Avanza S M/T aja. Kenapa ga A/T? Karena dulu pernah nyoba dan ternyata masih konvensional..(maklum, sehari2 pake matik yang CVT..hehehe)

  2. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh Auto Bild Indonesia, untuk pemakaian di jalan tol Grand Livina sangat irit, 36 km/liter, sedangkan untuk dalam kota kalo ga’ salah sih 11 km/liter.

  3. Saya udah coba avanza ama Livina……dari kenyamanan, kebisingan, suspensi, interior, exterior…Livina jauh-jauh diatas avanza. Apalagi yang automatic booo……tinggal nge-gas langsung ngacir….tapi hati-hati karena tidak terasa sppedometer udah diangka 120km/ jam. Itupun pedal gas belon dibecek pol……….tapi jangan dibecek pol karena takutnya kita nginep di TPU. Oh ya…manuver-nya juga oke untuk disaat-saat kita berburu dengan waktu.

    Avanza diatas 120km/ jam masih bisa cuman goncangan-nya sedikit terasa, apalagi d jalan bergelombang..body mobil akan terangkat, mungkin karena ground clearance tinggi. Tapi oke kalo lagi musim hujan and banjir.

    Jadi pilih livina…banyak kok pilihannya dan akan keluar yang short…merka sebut livina aja gak pake grand di depan-nya

  4. Terima kasih Bpk. Pambudi atas informasinya :)

    Ada tambahan mengenai kekurangan Grand Livina: AC-nya masih single blower dan daftar inden yang menggunung.

    Betul Pak! Livina adalah Grand Livina versi 5 seater, menurut info akan dijual tahun depan dengan range harga antara 130 sampe 140jt-an. Jadi kayaknya bakal masuk di pasar Honda Jazz, Suzuki Swift dan Toyota Yaris.

  5. Wahhhh jadi akhirnya beli apa Pak Edwin?? Ato yang agak gedean n cepet seperti Airbus A380….itu katanya kalayak rame ……bisa angkut beberapa keluarga n cepet….wussss…wussssssss. Tapi harus kursus driver dulu ya……..ada kok kursus driver yang dilakukan di hari-hari weekend….jadi ngga ganggu jam kerja di kantor.

  6. Belum tau nih Pak jadinya beli apa, lagian Jakarta juga udah macet banget, jadi rasanya jauh lebih efisien pake roda dua dibanding pake mobil.

    Kalo pake Airbus tuh bingung cari tempat parkirnya Pak, hehe..:D

  7. katanya grand livina petunjuk kilometernya ga akurat ya?
    sehingga keliatan kyk irit.
    ga tau ini isu benaran ato ada yg sengaja menjatuhkan GL?

    • Ah… gak jg… gua udah cobain (krn pernah dengar isu itu jg) di GL 1.5 XV yg gua pake GPS. Hasilnya speedometer sama persis dengan yg tampil di layar GPS.

  8. saaaama dech. tadinya aku pengiin terios setelah lihat-lihat dan test drive grand livina kok jadi kepincut, dan achirnya inden XV 1.5 M/T black saphire awal maret lalu dan baru dapet sekitar juni 2008.

  9. pake grand livina aja win, kerren ;) kalo mau jalur khusus ngindent lebih cepat, gw ada kenalan sales yg ‘berposisi’. Gw aja dapet Grand Livina gak pake indent :)

    #15:
    gak kok. GL gw sih ngukur jarak tempuh gw dengan odometer di mobil dan GPS Garmin. Selisihnya cuma dalam satuan 0.1km soalnya kan satuan terkecil di odometernya memang segitu :)

    #13:
    coba ikutan milis nissan-livina@yahoogroups.com, kalo di http://forum.livinaclub.com hanya untuk yang terdaftar sebagai anggota NLC (Nissan Livina Club) aja.

    #8:
    AC grand livina single blower, dan ada satu AC blower di baris dua yang sebenarnya untuk mendinginkan minuman kaleng :) kalo musim ujan kayak gini, level 1 of 4 aja udah kedinginan. tapi kalo abis parkir di openspace di panas terik, ac di level 4 selama 5 menit, trus balikin lagi ke level 1 lagi. dengan syarat, minimal pake Kaca filmnya bonus gratisan SolarGard :) FYI, AC level 2 keatas blowernya berisik.

    more info ttg Grand Livina atau Livina Hatchback di nissan-livina@yahoogroups.com.

  10. aloooo…
    g mahasiswa program magister di ITB, g lage susun TA tentang Isuzu Panther, g lage cari club pemakai
    Kijang Innova
    Isuzu Panther
    Grand Livina

    untuk sebarin kuesioner.Kalo ada yang tau… tolong bantu kasi tau contact person donk..
    Mohon bantuannya ya …
    Terima kasih sebelumnya

    Christiana K
    little_nguik@yahoo.com

  11. Jelas aja GL lebih nyaman karena bodynya pendek… justru disitu kekurangannya karena saya suka yg mini MPV yg ground clearancenya rada tinggi… jadi selain aman dari genangan banjir juga kalo lewat jalan jelek nggak kuatir kerendahan… dah gitu desain belakangnya kurang gaulz alias cupu…

  12. To TinTin,

    Boleh tau dong kenalan sales yang “berposisi” itu. Gw juga pingin beli yang ngga perlu indent lama2.

    Thanks
    BR//Achmad

  13. Enak tenan GL irit banget biasa beli tiap 2 hari sekali, sekarang 4 hari sekali. KM 242 belum habis masih 1/4. padahal cuma beli 200 ribu jalan tempuh sama. thank GL membuat
    kocek makin tebel. Cepeten buruan beli kalo nggak harga naik. nyesel

  14. Mo tanya nih, lebih baik mana GL 1.5 XV M/T atau 1.5 XV A/T?
    Perawatan atau kemudahan pemakaiannya.
    Tks ..

  15. Baru nyadar kalo di topik ini ternyata banyak juga yang ngasi komentar, hehe..:D

    Saya rangkum semua komentarnya dan inilah respon saya.

    Sebenarnya memilih mobil itu tergantung dari kebutuhan dan selera, mana yang kita jadikan prioritas, semua mobil pasti ada plus minusnya. Yang jelas penggunaan mobil matic memang lebih nyaman, mudah dan menyenangkan di kemacetan, tapi perawatannya agak rewel ya, karena transmisi matic itu sensitif, penggunaan yg kasar bakal membuat transmisi matic lebih cepat rusak.

    Menurut informasi yang saya dapat (CMIIW), GL menggunakan penggerak roda depan, selain itu juga di Jepang sono yang ada cuman Livina doang. Jadi kalo GL 1.5 diisi full 7 orang, tuh mobil bakal agak berat, karena basisnya itu dibikin untuk 5 seater. Namun untuk kenyamanan dan keiritan, memang GL masih diatas mobil ber-budget serupa seperti Terios. Yang jelas kita bisa lebih nyaman kalo pake GL.

    Terios memang didesain berbasis SUV, which is pasti kalah nyaman dibanding GL yang MPV, namun Terios lebih bandel untuk lewatin berbagai medan, apalagi lewatin banjir di Jakarta, karena ground clearence-nya lebih tinggi dari GL, yang jelas kita bisa lebih tenang hati kalo pake Terios.

    Kalo masalah model sih relatif ya, GL memang lebih manis, tapi Terios lebih gagah.

    Nah, jadi mau pilih yang mana?? Kalo saya sih pilih Terios :)

  16. Kok kang Edwin jadi pindah haluan..
    yang dibahas livina dan avanza..
    tapi yang dipilih malah Terios..
    hehehe :-)

  17. Udah cepetean beli GL di jamin gak nyesel…pokoke mantappp..taap…top markotop !!! aku dah pake sampe odo 2000an…gak ada masalah tuhh..ok2 aja…

  18. @Den Baguse:
    Iya nih, hehe.. :D Setelah dipikir dan dipertimbangkan lebih lanjut plus minus-nya, kayaknya lebih condong ke Terios nih

  19. @TAL:
    Kalo Terios gagal produksi, saya pikir ga akan menempati ranking 4 dalam 10 besar mobil terlaris 2007 :)

    Sepanjang yang saya tahu, Terios dan Rush itu menggunakan mesin yang sama, perbedaannya hanya pada branding, fitur safety dan jumlah seat-nya. Terios dalam kondisi standar sudah mempunyai 3 baris seat, sedangkan Rush hanya 2 baris (CMIIW).

    Seperti saya bilang sebelumnya, pemilihan kendaraan itu sangat relatif, sesuai dengan kebutuhan kita, apa yg menjadi prioritas. Saya lebih memilih Terios karena mobil ini tinggi, 7 seater, cukup irit, tampangnya lumayan gagah dan harganya reasonable.

    @Anonymous:
    Ternyata Bapak ini tetangga saya juga ya, sampai bisa mengetahui hal seperti ini :) Salam kenal dari saya dan istri. Tinggal di Blok mana Pak?

  20. from @Anonymous

    iya kang edwin, saya di K2, kadang suka lewat blok K3
    Maaf kemarin habis reset setingan di IE, lupa belum nulis ID

  21. Salam kenal semua, join yah … Kyknya harga2 mobil dah pd naik semua yah .. kalo saat skrg ini mau kredit mobil mdgan beli apa yah buat yg 7 seater ? Btw, Terios mmg nya bisa 7 org, baris ketiga belakang hadap samping ato dpn?

    Thanks for sharing …

  22. alo alo…ikutan dong….gue ne buat mobil ntuh Grand LIvina seater atau Terios yg 7 seater. kalau head 2 head. dan harga gimana yah..kasih info dong..bingung neh milih mana uang cupet alaias cekak lagi. maunya seh izusu phanter touring tapinya muahal..hehehee

  23. Saya sudah punya avanza beli dari thn 2005, bulan september 2009 kemarin beli grand livina 1.5 A/T, kemudian kemarin adik ambil innova bensin G, setelah saya coba ke tiga nya menurut saya yang paling valuable and comfortable adalah grand livina. Suspensi nya lebih bagus dari innova dan irit nya lebih bagus dari avanza, padahal yang saya beli mobil matic.
    Jadi kalo untuk mobil keluarga saya lebih condong memilih GL, lain cerita kalau anda pedagang keliling yang selalu memuat barang dagangan skala besar maka avanza atau innova bisa jadi pilihan. Karena daya muat kedua mobil ini memang lebih besar.
    Jadi pilihan tetap kembali ke kebutuhan masing2. Ok. :)

  24. Gw baru ambil bulan 8 grand livina SV 1.5. Sebelumnya pakai Innova 2.0 E. Short review gw; power atas mantap (mulai terasa di RPM 4000 keatas), lari 160 kpj enteng ditembus mulai 100kpj pdhal kaki masih gantung (tips; bejek gas jangan nafsu, alon2 aja). N masih stabil. Konsumsi BBM sangat irit (mudik kemarin jkt-bdg dlm macet-pergi ke makam di cikutra macet jg-pulang di ujung berung-trus besoknya ke sumedang mulai dr jatinangor smp cadas pangeran padat merayap-jalan2 cari tahu -balik k bandung-istrhat-malam keliling bandung 7 jam-an-balik lg k rumah ortu di bdg-bsknya makan baso di veteran-mutet2-lusanya balik k jakarta) baru gw isi lagi bensin penuh). Bener2 irit!! (Isi tangki penuh 43 literan). Suspensi empuk (ga gluduk2 :d,,, ). Tanjakan oke (tergantung anda memainkan perpindahan gigi-nya aja :),,,, soalnya kalo gw baca review orang yg ngeluh pake GL 1.5 ga bs nanjak itu ga sepenuhnya bener. Desain mesin dan suspensi by Renault. I’m satisfied with this car so far :)

  25. salam kenal semuanya..
    setelah membaca coment panjenengan semua…memang semua itu tergantung kebutuhan dan selera kita dalam menentukan pilihan akan kendaraan yg akan kita beli/pakai…kalo SUV dg SUV..mis: Terios/Rush VS Escudo type standart, MPV : Innova VS stream VS Grand livina VS Exora…
    menurut sy sich gitu agar perbandingan kelemahan dan kelebihan bisa diketahui…

    regards,

  26. kalo grandlivina 36km ditempuh dg 1 ltr dalam tol,sedangkan avanza berapa km dari 1ltr dalam tol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s